Coba simak yang ini deh!

Liat Tayangan

Follow ya...

Thursday, February 20, 2014

Abstraksi Pembelajaran Matematika dengan Strategi Heuristik Means-Ends Analysis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa



ABSTRAK

Penelitian dilakukan di kelas 8 SMP
Pembelajaran Matematika dengan Strategi Heuristik Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 2 Gunung Sindur), Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kata Kunci      : Means Ends Analysis, Pemahaman Konsep Matematika

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi heuristic means ends analysis dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, aktivitas siswa dan respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi heuristic means ends analysis. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Gunung Sindur pada tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika, lembar observasi aktivitas siswa, angket, jurnal harian, pedoman wawancara dan dokumentasi.

      Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan strategi heuristic means ends analysis dapat menningkatkan pemahaman konsep matematika. Peningkatan pemahaman konsep matematika terlihat dari setiap dimensi pemahaman konsep matematika, yaitu dimensi kemampuan siswa menyatakan ulang sebuah konsep tanpa mengubah maknanya pada siklus I sebesar 65,37% menjadi 76,32% pada siklus II, dan dimensi kemampuan siswa menggunakan konsep dalam menyelesaikan masalah pada siklus I sebesar 70,57% menjadi 84,1% pada siklus II. Selain itu, jumlah siswa yang memperoleh nilai minimum 70 pada tes pemahaman konsep matematika sebesar 63,63% pada siklus I meningkat menjadi 90,9% pada siklus II. Di samping itu, penerapan strategi heuristic means ends analysis juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu



                             NENENG HADIYANI (P.MTK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI-JAKARTA)

Untuk mengetahui penelitian lengkapnya dapat menghubungi email bayumurdiyanto@gmail.com

0 komentar: